HALALAN SPICY FOOD OF BATAK’S FOOD

 

Berkunjung ke suatu destinasi wisata tidak akan lengkap jika tidak mencicipi makanan khas di daerah tersebut. Banyak sekali aneka ragam makanan khas Batak yang harus dicoba. Tentu diseluruh daerah Sumatera Utara makanan ini banyak ditemukan. Yang pasti jangan lupa untuk mencari makanan ini jika berkunjung ke pesisir Danau Toba bahkan ke Pulau Samosir. Ikan segar yang ditangkap langsung dari danau juga mempengaruhi rasa. Kita bahas satu-satu. Ini 10 makanan khas Batak yang wajib dicoba jika berkunjung ke Danau Toba  

Arsik

Ikan Arsik Khas Batak

Arsik adalah salah satu masakan khas Batak yang paling banyak digunakan pada saat acara adat. Arsik ini sendiri berbahan dasar ikan seperti ikan mas, nila dan ikan mujahir. Biasanya ikan ini ditangkap langsung dari Danau Toba. Cara memasaknya bisa dilihat pada link ini. Untuk menciptakan rasa dan aroma yang khas, biasanya proses memasak ikan ini ditambahkan dengan andaliman sejenis rempah untuk menciptakan rasa pedas hangat yang membuat lidah seakan bergetar. Jenis rempah ini sangat terkenal di daerah Batak. Bisa disajikan dengan berkuah atau pun agak sedikit kering. Rasa tidak perlu ditanya, mantap dengan campuran bumbu dan kematangan yang tepat.

Naniura

n0tuaih9ywav_2P8W2C8xmE6WIOmsuIwwaE_naniura_landscapeThumbnail_id.png

 

Naniura bisa dikatakan seperti sushinya orang Batak. Naniura tidak dimasak, digoreng ataupun direbus. Makanan ini berbahan dasar ikan mas, ikan nila atau pun ikan mujahir. Disajikan dengan bumbu yang lengkap yang akan membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak. Dengan kata lain bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan tersebut. Biasanya naniura sedikit lebih asam karena memang untuk proses pematangannya menggunakan asam.

Natinombur

LelePenyetMadiun

 

Natinombur adalah ikan yang disiram dengan bumbu. Untuk proses memasaknya bisa dilihat pada link ini. Bumbu untuk ikan hampir sama dengan arsik, hanya saja bumbu bakar. Berbahan dasar ikan yang dibakar, biasanya menggunakan ikan nila atau pun mujahir. Untuk rasa, ditambahkan dengan andaliman, untuk penyuka pedas bisa menambahkan cabe atau andaliman untuk rasa yang lebih nikmat.

Manuk (ayam) Napinadar

ayamnapinadar.jpg

Ciri khas makanan ini adalah ayam dan andaliman. Manuk Napinadar menjadi salah satu makanan favoriteku. Ayam dibakar dan kemudian dibumbui dan dicampurkan dengan darah segar ayam itu sendiri dengan proses kematangan yang pas. Untuk cara memasaknya bisa dilihat pada link ini. Akan lebih nikmat jika dibuat dengan agak pedas namun bisa disesuaikan dengan selera. Benar-benar buat rindu untuk pulang.

Daun Ubi Tumbuk

 

resep-masakan-gulai-daun-ubi-tumbuk.png

Daun Ubi Tumbuk menjadi sayur favorite yang sering ada rumah makan Batak. Konon daun ubi menjadi sayur yang paling mudah untuk didapatkan karena hanya meletakkan kayunya saja akan muncul tunas-tunas daun ubi. Untuk membuatnya tidak terlalu susah, daun ubi ditumbuk dicampur dengan cabe, bawang merah dan bawah putih dan jangan lupa buah rimbang. Buah rimbang ini menjadi ciri khas daun ubi di daerah Batak. Karena jika dimasak rasanya jauh lebih enak dibanding dimakan mentah. Ditumbuk bersamaan dan bisa menambahkan 1-2 batang serai. Semua bahan direbus dan setelah hampir matang dicampur dengan santan. Hm…semakin menambah selera makan.

Daun Ubi Jantung Pisang

 

_DSC6427.jpg

Hampir mirip dengan daun ubi tumbuk, daun ubi jantung pisang ditambah dengan potongan jantung pisang yang diiris kecil-kecil, dan kelapa parut. Semua bumbu ditumis kemudian memasukkan bumbu utama daun ubi, jantung pisang dan kelapa parut dengan menambahkan sedikit air dan garam. Ditumis sampai benar-benar matang.

Sudah makan yang mana saja? Soal rasa ngga usah ditanya. Buat list untuk mencoba ini semua. Supaya makin yakin untuk mencari makanan apa.

Untuk detail makanan unik khas Batak lainnya yang bisa kamu coba di Daerah Batak ada disini. Seperti hare, itak, migomak dan tipa-tipa. Silahkan menuju kesana. 

http://www.borukaro.com/kuliner-khas-batak-yang-wajib-dicoba/

 SUMBER

https://www.borukaro.com/makanan-khas-batak-yang-wajib-dicoba-jika-berkunjung-ke-danau-toba/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s